Bupati Pantau Vaksinasi bagi Ibu Hamil

VAKSIN IBU HAMIL: Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kanan), saat memantau vaksin di GOR Kecamatan Balaraja, kemarin.

BALARAJA iNTANGERANG.COM — Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, memantau pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil di GOR Kecamatan Balaraja, kemarin.

Zaki mengatakan, vaksinasi di Balaraja ini khusus untuk ibu hamil dengan jumlah sasaran sekitar 600 orang. Mereka berasal dari Kecamatan Balaraja dan sekitarnya. Vaksin yang digunakan adalah merek Pfizer yang memang sudah ada rekomendasi dan hasil uji cobanya dan memungkinkan untuk diberikan kepada ibu hamil.

Bacaan Lainnya

“Semoga program vaksinasi ibu hamil ini bisa mempercepat program vaksinasi bagi dua juta masyarakat Kabupaten Tangerang. Saya menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan jadwal vaksinasi di puskesmas maupun kecamatan masing-masing. Kalau perlu informasi tambahan, silakan hubungi 112 untuk mencari lokasi jadwal vaksinasi yang ada di sekitar kita,” ungkap Zaki.

Sementara itu dr. Mahmud, salah satu dokter kandungan (obgyn) penanggung jawab vaksinasi ibu hamil di Balaraja mengungkapkan, bahwa di Balaraja ini dilakukan vaksinasi khusus ibu hamil dengan vaksin jenis Pfizer yang sudah direkomendasikan Kemenkes dan POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia), untuk vaksin ibu hamil sendiri ada perlakuan berbeda.

Mahmud melanjutkan, proses pemeriksaan awal sebelum vaksinasi lebih ketat dibandingkan dengan masyarakat biasa dan yang diperbolehkan hanya untuk umur kehamilan di atas 13 minggu. Ada beberapa pemeriksaan yang nanti memperbolehkan ibu hamil bisa vaksinasi atau tidak dan itu juga dilakukan oleh dokter dan bidan serta dipantau oleh spesialis kandungan.

Terkait kejadian lanjutan pascaimunisasi, antisipasi yang dilakukan adalah tarus melakukan evaluasi dan observasi kepada ibu hamil dan apabila ada keluhan, akan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Mudah-mudahan dengan vaksinnasi ibu hamil ini bisa meningkatkan cakupan vaksinasi ibu hamil seluruh Indonesia, khususnya di Kabupaten Tangerang,” ungkap Mahmud.

Susi Rahmawati, warga asal Kecamatan Cisoka, salah satu ibu hamil yang melakukan vaksinasi dengan usia kandungan 33 minggu, mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah. Ia merasa senang dan lega sudah divaksinasi covid-19.

“Sebelum vaksinasi saya merasakan ketakutan dan ragu. Tapi saya konsultasi sama suami, keluarga, bidan, dan spesialis kandungan. Mereka mengatakan aman, tidak ada apa-apa. Vaksin ibu hamil juga sudah direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan. Jadi, saya mantap untuk divaksinasi,” katanya.

Susi yang ditemui di ruang observasi setelah divaksinasi, ingin mengajak semua ibu hamil lainnya untuk melakukan hal yang sama sepertinya. Tidak usah takut karena aman dan untuk kepentingan bersama, baik diri maupun bayi yang di kandungan. (Mas)

Pos terkait