by

Mahasiswa Universitas Pamulang Berdayakan Masyarakat

PAMULANG — Sejumlah mahasiswa melalui Himpunan Manasiswa Fakultas Hukum, Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan yang tergabung Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) melakukan pengabdian di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.
PHP2D merupakan suatu kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa, dengan tujuan menumbuhkan rasa peduli mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.
Kaprodi Ilmu Hukum, Universitas Pamulang, Dr. Taufik Kurrohman, S.H.I., M.H dalam sambutannya mengatakan, Universitas Pamulang berharap program ini dapat membantu dalam meningkatkan sumber daya manusia di Desa Ciburayut dalam bentuk penyuluhan-penyuluhan hukum.
Lebih lanjut Taufik memaparkan, kegiatan ini menjadi salah satu implementasi dari tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada maasyarakat. “Mudah-mudahan mahasiswa Universitas Pamulang dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat,” terang Taufik.
Sementara itu, Ketua Umum HIMA FH Universitas Pamulang menjelaskan, mengenai program yang akan dijalankan dalam PHP2D ini, salah satunya terkait dengan program KRL yaitu dengan membuat hidroponik. Serta melakukan penyuluhan hukum dan memberdayakan masyarakat disini dengan sumber daya yang ada dari Desa Ciburayut.
Lebih lanjut aktivis HIMA ini memaparkan, judul yang dipilih “Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Penyuluhan Paguyuban dan Hak Tanah Ulayat yang Diakui Oleh Hukum, Serta Mengenai Ketenagakerjaan Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor” begitu menarik.
“Desa Ciburayut yang berada di Kaki Gunung Salak menjadikan desa ini cukup tertinggal. Dapat terlihat dari belum optimalnya sumber daya manusia dalam mengelola sumber daya yang ada di desa ini. Sehingga kami berinisatif untuk melakukan kegiatan di sini,” terangnya.
Kepala Desa Ciburayut, Duloh, S. Sos mengatakan, bahwa antara mahasiswa dan warga desa dapat bersinergis dalam mewujudkan program desa yaitu Kampung Ramah Lingkungan (KRL).
“Tentunya kita mengucapkan banyak terimakasih kepada para mahasiswa Universitas Pamulang. Kedatangan adik-adik mahasiswa ini diyakini dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan di desa kami,” tegas Duloh. (mas)

Wartawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 14 =