Sanggar Kartun Hadir di Serang

PELATIHAN : Fauzi, pendiri Sanggar Kartun Serang, saat memberikan pelatihan kepada anak didiknya.

SERANG Intangerang.com — Seni rupa kartun kini mulai diminati. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga ternyata banyak yang belajar. Meski pada dasarnya kemampuan yang dibutuhkan adalah dalam bidang menggambar, kartun punya banyak aspek yang berbeda dengan seni rupa.

Karena keunikannya tersebut, profesi sebagai pembuat kartun atau lazim disebut kartunis masih terhitung sedikit yang melakoni. Padahal diera teknologi informasi begitu canggih ini, profesi kartunis sesungguhnya sangat menjanjikan.

Di Kota Serang, anak-anak usia TK, SD, SMA hingga mahasiswa yang gemar menggambar dan ingin mendalami kartun sekarang bisa bergabung ke Sanggar Kartun Serang (SKARANG). Sanggar ini didirikan MW Fauzi seorang kartunis asal Kota Serang. Selain berkiprah dalam bidang kartun dan karikatur, Fauzi yang kerap disebut Siuzi juga dikenal sebagai jurnalis senior dan pendiri Kafe Mang Jaseng (KMJ). Sebelumnya Siuzi juga pernah mengelola harian lokal dan televisi lokal di Banten.

“KMJ ini memang saya niatkan untuk menjadi kafe yang sarat dengan kegiatan seni budaya, literasi, kreativitas, dan pariwisata. Begitu pula mendirikan sanggar yang mewadahi para calon kartunis dan kartunis Kota Serang ini, sudah lama saya cita-citakan. Tetapi terus tertunda karena pandemi Covid 19,” papar Siuzi.

Sebagai langkah awal pendirian SKARANG, Siuzi menggelar pelatihan menggambar kartun secara gratis di KMJ. Pelatihan akan berlangsung secara berkala dan berjenjang mulai dari usia TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa hingga umum.

“Begitu pula materi pelatihannya, mulai dari menggambar dasar kartun, komik strip, komik kartun, kartun opini, karikatur hingga kartun yang dipadu dengan desain grafis dan kartun animasi,” tuturnya.

Untuk gelombang pertama, pelatihan bertajuk Belajar Dasar Menggambar Kartun Bersama Siuzi diikuti 15 anak. “Peserta memang saya batasi hanya 15 anak disetiap pelatihan. Selain bagian dari prokes, ini juga untuk memudahkan peserta fokus pada materi pelajaran yang saya berikan,” jelas Siuzi.

SKARANG terbuka untuk umum dan tidak memungut biaya pendaftaran maupun iuran. Sekretariat SKARANG berlokasi di Kafe Mang Jaseng, Jalan Jayadiningrat 26, Kaujon, Kota Serang. Untuk info tentang SKARANG & kegiatan pelatihan gelombang berikutnya bisa melalui WA (hanya chat) di no: 0819-1110-8075 & 0859-6312-7610.

Selain menggambar kartun, di masa mendatang Siuzi juga siap menggandeng para seniman dan kreator Banten lainnya untuk menjadi pemateri pelatihan berbagai bidang kreativitas.

“Menulis dan membaca puisi, menulis cerpen dan novel, desain grafis, olah vokal, akting, film pendek dan banyak lagi,” terangnya.

“Yang pasti saya ini KMJ ini menjadi wadah dan sarana bagi insan kreatif di Banten untuk berbagi ilmu kepada generasi muda Banten.”

Pelatihan berikutnya yang akan berlangsung di KMJ adalah dalam bidang jurnalistik. Bertajuk Tips Menulis Berita Paling Muda, pelatihan gratis bagi mahasiswa dan umum ini akan berlangsung Kamis, 26 Agustus 2021. (*)

Pos terkait