Pastikan Pilkades Lebak Aman, Sehat dan Kondusif, Kapolda Banten Kunjungi TPS dan Gerai Vaksin

LEBAK(intangerang.com)-  Dalam rangka Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Lebak, Kapolda Banten IJP Dr. Rudy Heriyanto bersama Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari didampingi Irwasda Polda Banten KBP Ady Soeseno melakukan monitoring ke beberapa tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Lebak pada Minggu (24/10).

Ada 5 lokasi TPS dan 5 gerai vaksin yang dikunjungi oleh Kapolda Banten dan rombongan diantaranya di TPS 01 Kampung Batu Bolong Desa Selaraja Kecamatan Warunggunung TPS 02 Kampung Batu Gunung Desa Warunggunung Kecamatan Warunggunung, TPS 11 dan TPS 09 Desa Jatimulya Kecamatan Rangkasbitung, dan di Desa Cilangkap Kecamatan Kalang Anyar.

“Ya, hari ini kami meninjau langsung pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Lebak dalam mewujudkan Pilkades yang sehat, aman dan kondusif,” ujar Rudy Heriyanto.

Saat ditemui di lokasi, Kapolda Banten menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya sesuai aturan undang-undang.

“Kegiatan proses pemungutan suara berjalan dengan aman dan tertib, saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan hak suaranya dalam pemilihan calon Kepala Desa,” kata Rudy Heriyanto.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitomga mengatakan atas perintah Kapolda Banten agar jajaran memfasilitasi gerai vaksin di TPS-TPS saat pelaksanaan Pilkades untuk mencegah terjadinya cluster Covid-19 yang baru dalam Pilkades.

“Saya mengapresiasi kepada panitia penyelenggara Pilkades di TPS-TPS yang menyediakan gerai vaksin bagi masyarakat yang belum divaksin dan juga terhadap personel pengamanan, sesuai dengan perkembangan hingga pukil 12.00 WIB pemungutan suara dapat berjalan dengan aman,” jelas Shinto Silitonga.

Lebih lanjut, Shinto Silitonga juga menyampaikan agar personel yang melakukan pengamanan dapat melaksanakan sesuai dengan SOP dan selalu memperhatikan Protokol Kesehatan.

“Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh personel yang bertugas dalam pengamanan Pilkades agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, serta selalu bersinergi dengan instansi terkait. Dan yang terpenting selalu menjaga netralitas dalam mewujudkan Pilkades yang aman, sehat dan kondusif,” kata Shinto Silitonga.

“Agar selalu waspada saat melaksanakan tugas, kawal logistik dari desa sampai TPS, serta laksanakan pengamanan di TPS sampai selesai dan kawal hasil pencoblosan sampai di Desa,” lanjutnya.

Terakhir, Shinto Silitonga mengatakan bahwa TNI/Polri dan Pemerintah berkomitmen akan terus memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat dalam mengamankan pesta demokrasi Pilkades di wilayah Hukum Polda Banten.(red)

Pos terkait