by

Wujudkan Kabupaten Tangerang Bebas Rabies, Pemerintah Akan Membangun Rumah Sakit Hewan

TANGERANG ( intangerang.com )- Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menerima audiensi dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Banten 2, yang bertempat di ruang kerja Bupati Tangerang, pada Rabu (6/10/2021).

“Saya mengapresiasi kegiatan vaksinasi rabies gratis pada 24 September lalu dalam rangka mendukung Hari Rabies Sedunia yang telah di selenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, di Gedung Usaha Daerah, Kabupaten Tangerang,” ucap Bupati.

Bupati Tangerang juga menambahkan, bahwa diperlukan kegiatan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan dalam rangka HUT Kabupaten Tangerang yang jatuh pada 13 Oktober mendatang.

“Kegiatan vaksinasi rabies bisa diadakan kembali di sekitar wilayah Gading Serpong atau Citra Raya,” tuturnya.

Sementara itu di tempat yang berbeda, Ketua PDHI Cabang Banten 2, Dr. drh. Joko Ismandi, mengatakan bahwa tujuan dari audiensi ini yaitu membicarakan peran dan fungsi dokter hewan yang berkolaborasi pada Hari Rabies Sedunia 2021, di Kabupaten Tangerang.

“Kami (PDHI Cabang Banten 2) Pemerintah Kabupaten Tangerang akan terus berupaya bersama dalam program pengendalian dan pemberantasan hewan rabies salah satunya dengan vaksinasi rabies ini,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, Rabies merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pada manusia dan hewan berdarah disebabkan oleh virus rabies, ditularkan melalui air liur (anjing, kucing, kera) yang kena rabies dengan jalan atau melalui terbuka luka.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan menambahkan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan PDHI cabang Banten 2 dalam upaya pengendalian dan pemberantasan rabies di wilayah Kabupaten Tangerang.

Sebelumnya, kam dari Dinas Pertanian dan KP sudah melakukan vaksinasi rabies gratis pada peringatan Hari Rabies Sedunia 2021.

Dalam audiensi, terdapat pula inisiasi pembangunan Rumah Sakit Hewan yang direncanakan dibangun di sekitar daerah Kecamatan Cisauk, Pagedangan atau Kepala Dua.(red)

Wartawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − seven =