by

18 Titik Rawan Bencana di Kabupaten Tangerang

TIGARAKSA (Intangerang.com) — Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, menyebut terdapat 18 titik rawan banjir di Kabupaten Tangerang. Di musim penghujan ini, daerah tersebut menjadi prioritas pemerintah daerah dalam mengantisipasi musibah banjir.

Zaki menjelaskan, 18 titik rawan banjir tersebut tersebar di 29 kecamatan, khususnya kawasan yang berada di aliran sungai seperti Cidurian dan Cisadane.

“Titik banjir berkisar 18 titik. Terdapat di 29 kecamatan, terutama di titik-titik yang memang rawan banjir berada di aliran sungai atau anak sungai. Jadi titik inilah yang akan menjadi prioritas akan jadi diperhatikan,” kata Zaki, usai mengikuti apel Kesiapan Penanggulangan Bencana di Lapangan Maulana Yudha Negara, Rabu 10 November 2021.

Menurut dia, melalui apel siaga bencana pihaknya akan melakukan persiapan dan antisipasi mulai dari pencegahan, penanganan, dan pasca bencana, khususnya di 18 titik yang menjadi daerah rawan banjir tersebut.

“Tetapi antisipasinya bukan hanya bencana banjir saja, karena di musim seperti ini bencana seperti angin puting beliung juga menjadi salah satu bencana sering terjadi di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Sementara, Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Bambang Sapto mengungkapkan, 18 titik rawan banjir tersebut diantaranya berada di wilayah Tangerang bagian utara seperti Kosambi, Teluknaga, dan Pasar Kemis.

Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, seperti perahu karet untuk melakukan evakuasi jika terjadi bencana banjir.

“Kalau dari jumlah ideal (perahu karet) memang belum yah, masih kurang. Tapi kalau untuk memenuhi kebutuhan di 10 pos BPBD jumlahnya masih cukup,” tukasnya. (riki/mas)

Wartawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =