Polresta Tangerang Polda Banten Bongkar Praktik Produksi Minol Jenis Ciu Ilegal

 CIKUPA ( intangerang.com )-Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten membongkar praktik produksi dan perdagangan minuman beralkohol (Minol) jenis ciu ilegal di sebuah ruko di Jalan Raya Pemda, Desa Bojong, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (4/11/2021) .

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro dijelaskan, praktik terbongkarnya secara ilegal berkat adanya informasi dari masyarakat. Kemudian ditindaklanjuti Tim Opsnal Unit VI Resmob Satreskrim Polresta Tangerang dengan melakukan penyelidikan.

“Anggota kami melakukan penyelidikan di salah satu ruko. Setelah itu diketahui 1 unit mobil keluar dari ruko yang kemudian diikuti oleh anggota,” kata Wahyu saat konferensi pers di Gedung Presisi Polresta Tangerang, Jumat (5/11/2021).

Mobil itu kemudian diberhentikan di sekitar kawasan lampu merah Tigaraksa. Petugas kemudian melakukan penggeledahan lalu menemukan 50 dus berisi minuman beralkohol jenis ciu. Polisi pun seorang pria berinisial BA (36) warga Penjaringan, Jakarta Utara.

“Petugas menemukan 50 dus kemasan air mineral yang per dusnya berisi 24 botol ciu. Pengakuan tersangka sudah 4 bulan beraksi dan ciu meninggalarkan di wilayah Bekasi,” ucap Wahyu.

Petugas kemudian melakukan pengembangan dengan memeriksa dan menggeledah ruko. di sanalah ruko yang dikontrak tersangka BA sejak setahun terakhir digunakan sebagai tempat memproduksi minuman keras jenis ciu.

“Dari ruko terang itu kami membuat bahan baku membuat ciu seperti beras merah, ragi, dan gula,” Wahyu.

Tidak hanya itu, petugas juga bukti peralatan produksi ciu. Diantaranya 4 buah tungku penyulingan, 4 buah panci penyulingan, drum fermentasi berisi ciu sebanyak 95 buah, drum fermentasi kosong sebanyak 15 buah, drigen berisi ciu hasil sulingan sebanyak 10 buah, drigen kosong 5 buah, botol bekas air mineral ukuran besar kosong 500 buah, dan botol bekas air mineral kosong ukuran kecil sebanyak 1800 buah.

“Serta 1008 botol bekas air mineral ukuran besar dan 175 botol bekas air mineral yang sudah berisi ciu siap edar,” papar Wahyu.

Selain itu, polisi juga memeriksa barang bukti alkohol meter yang digunakan untuk mengukur kadar alkohol dari mobil yang diproduksinya. Kata Wahyu, untuk membedakan kandungan atau kadar alkohol di setiap botol yang akan matiarkan, tersangka menggunakan tutup botol dengan warna yang berbeda-beda.

“Bila tutup botol warna merah berarti kadar alkohol 40 persen. Warna hijau 35 persen sedangkan putih 30 persen,” ucap Wahyu.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga yang hadir pada kegiatan konferensi pers itu menambahkan, dalam sehari tersangka dapat memproduksi 20 dus ciu. Setiap dus berisi 24 botol yang dijual seharga Rp11 ribu untuk botol ukuran kecil dan Rp15 ribu untuk botol ukuran besar.

“Maka dengan kondisi demikian, keuntungan ekonomis yang berhasil dinikmati pelaku dalam sehari sekitar Rp6 juta sampai Rp7 juta,” kata Shinto.

Shinto melanjutkan, dalam menjalankan aksinya, meminta bantuan 2 orang masih memiliki hubungan keluarga dengan tersangka yaitu inisial AP dan AH, keduanya pria. Saat ini, 2 orang yang menjadi tersangka masih menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

“Tersangka membuat ciu dari tradisi atau belajar dari orang tuanya. Kedua keluarga ikut membantu, namun hanya pekerja. Penanggung jawab dan pemodal adalah tersangka BA,” tutur Shinto.

Guna memperbuat perbuatannya, tersangka yang dikenakan Pasal 140 dan/atau Pasal 142 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara. Serta Pasal 62 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.(red)

Pos terkait