Presiden Jokowi Tinjau Penerapan Smart City dan Green Building di BSD City

BSD City ( intangerang.com )– Jajaran Direksi Sinar Mas Land menerima kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia (RI) – Joko Widodo bersama Suharso Monoarfa (Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional), Pratikno (Menteri Sekretaris Negara), Bahlil Lahadalia (Menteri Investasi/Kepala Badan) Koordinasi Penanaman Modal), Wahidin Halim (Gubernur Banten), dan Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang) di Kawasan Green Office Park, BSD City pada Jumat (24/12).

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk melihat kemajuan pembangunan kota baru oleh pihak swasta dalam hal ini Sinar Mas Land melalui salah satu proyeknya yaitu BSD City Kunjungan ini berkaitan dengan rencana pemerintah pembangunan dalam proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur.

Group CEO Sinar Mas Land – Michael Widjaja menjelaskan, “Kami sangat antusias menerima kunjungan kerja Bapak Joko Widodo serta Bapak Suharso Monoarfa dan mendapatkan suatu kesempatan untuk menjelaskan bahwa Sinar Mas Land tidak sekedar membangun gedung dan jalan saja, tetapi kami mengembangkan kawasan hunian yang dapat mengakomodasi aktifitas warganya di masa depan dengan memadukan ide dan kreativitas serta teknologi berdasarkan visi dan nilai perusahaan. Kami selalu menantang diri untuk menghasilkan karya yang terbaik dalam mewujudkan impian generasi masa depan untuk tinggal di kota yang ideal dan layak huni bagi mereka.”

Presiden Republik Indonesia mendapatkan penjelasan dari Dhony Rahajoe (Managing Director President Office Sinar Mas Land) dan Irawan Harahap (Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land) tentang pengembangan kawasan BSD City melalui layar multimedia dan maket kota. Kemudian dilanjutkan lingkungan GOP dan kesempatan mengunjungi ruang komando di Gedung Sinar Mas Land Plaza untuk melihat bagaimana kondisi lalu lintas dan keamanan wilayah BSD City dapat dipantau di pusat komando ini.

Menutup kunjungannya ke BSD City, Presiden RI – Joko Widodo meninjau Mall Tanpa Tembok The Breeze BSD City. Beliau sangat senang dapat berkunjung ke BSD City dan meminta sejumlah Menteri serta kepala daerah untuk berkunjung ke kawasan ini.

Pada kunjungan kerja tersebut, Presiden Republik Indonesia juga sangat tertarik dengan penerapan konsep green district, green building, dan green office yang berada di BSD City. Sinar Mas Land memadukan kepentingan bisnis dan perkantoran melalui konsep green building dengan pelestarian lingkungan di kawasan BSD Green Office Park yang ditinjau, meliputi Gedung Sinar Mas Land Plaza BSD dan Gedung Green Office Park (GOP) 9.

Kawasan GOP dan gedung perkantoran yang dibangun diatasnya sudah mengimplementasikan konsep pembangunan berkelanjutan dalam operasionalnya yaitu gedung hijau, rendah emisi karbon, hemat energi, pengelolaan sumber daya air, pengelolaan sampah hijau, dan hemat plastik. Baik Kawasan GOP maupun gedung-gedung lainnya telah memperoleh sertifikat green district dan green building dari Building and Construction Authority (BCA) Singapura dan dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Jajaran Direksi Sinar Mas Land juga memaparkan rencana perusahaan bersama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Tbk untuk mengembangkan TOD Stasiun Jatake di Kabupaten Tangerang, Banten dengan menggandeng investor asing yakni Mitsubishi Corporation dan Surbana Jurong. Presiden Republik Indonesia memberikan pengarahan serta dukungan penuh atas rencana pengembangan TOD bersama investor tersebut dan meminta semua pihak untuk mendukung percepatan pembangunannya agar tidak ada hambatan. Titik lokasi pembangunan Stasiun Jatake akan berada di lintas Tanah Abang-Merak pada KM 37+045 antara Stasiun Cicayur dengan Stasiun Parung Panjang.(red)

Pos terkait