by

UPN Veteran Jakarta Bantu Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi

JAKARTA – Pemulihan ekonomi pasca pandemi merupakan langkah utama yang harus dilakukan, untuk mengembalikan level perekonomian di Indonesia. Hal tersebut terungkap saat Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, bertema Jakarta Economic Sustainability International Conference Agenda.

Seminar internasional yang mengudang profesor dari berbagai negara, baik dari Asia, Eropa maupun Amerika ini, mengungkap bagaimana solusi menangani perekonomian pasca pandemic, maupun mengatasi Covid-19 yang menjadi wabah mendunia.

Salah satu pembicara, Prof. Robert Boyer dari Perancis memaparkan, pembangunan diperlukan untuk percepatan ekonomi. Dimana industrialisasi menjadi jantung pembangunan ekonomi. Industrialisasi yang berhasil akan menciptakan tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi.

Terkait angka vaksinasi masyarakat yang sudah mencapai angka lebih dari 70 persen. Secara angka, persentase vaksinasi tersebut sudah cukup tinggi. Namun untuk mencapai angka 100 persen, merupakan tugas yang cukup berat bagi pemerintah.

Lebih lanjut Prof. Robert memaparkan, banyak pendekatan berbeda yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai 100 persen vaksinasi tersebut. Seperti yang dilakukan di Jerman, negara tersebut menggunakan kebijakan vaksinasi wajib dengan pemberian apresiasi secara ideologis kepada warganya yang telah vaksin.

Adapun jika terkait beredarnya berita hoax terkait vaksinasi, dapat diatasi dengan cara mentransfer pengetahuan secara rasional kepada masyarakat terkait vaksin.

“Tantangan yang cukup berat bagi pemerintah untuk meyakinkan masyarakat, agar divaksin mencapai angka 100 persen,” ucap Prof. Robert.

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar Internasiona, Prof. Fachru Nofrian., Ph. D. menjelaskan, kegiatan konferensi internasional Jakarta Economic Sustainability International Conference Agenda (JESICA), baru kali pertama dilaksanakan UPN Veteran Jakarta, sejalan dengan trend ekonomi dan bisnis saat ini. Yaitu pentingnya pembangunan manusia oleh manusia, dalam rangka tercapainya pembangunan yang berkelanjutan.

“Adanya pandemik Covid-19 memberikan efek pada pembangunan manusia dan memungkinkan terjadinya transformasi besar. Untuk itu, konferensi ini mengundang berbagai pakar untuk membahas tranformasi tersebut dan ekonomi berkelanjutan berdasarkan bukti empiris, peran penting sector antropogenik seperti kesehatan, pendidikan dan budaya. Sehingga dapat memastikan munculnya lapangan kerja pada sektor industri dan keuangan,” tegas Prof. Fachru.

Sementara itu, Dekan Ilmu Ekonomi UPN Veteran Jakarta, Dr. Dianwicaksih Arieftiara SE, Ak, M.Ak, CA, CSRS, menjelaskan peran kampus selaku akademisi tentunya diharapkan dalam membantu pemerintah dalam mengatasi dampak perekonomian akibat Pandemi Covid-19.

Kata Dr. Dianwicaksih, kegiatan yang mengundang para profesor ternama dunia, diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran langkah apa yang harus diambil pemerintah. Sehingga dampak perekonomian akibat wabah ini, segera bisa diatasi.

“Universitas selaku tempatnya berkumpul akademisi, terus memberikan sumbangsih pemikiran. Bagaimana langkah yang harus diambil pemerintah agar segera bangkit dari Covid-19,” tegas Dr. Dianwicaksih. (mas)

Wartawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =