by

Universitas Esa Unggul Kampus Tangerang, Didik Mahasiswa Tanam 1.000 Pohon

PANONGAN Intangerang.com — Universitas Esa Unggul bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) melaksanakan penanaman pohon. Gerakan penanaman pohon dengan tema ‘Green Campus for a Better Future’ di kampus Jakarta, Tangerang dan Bekasi.
Dewi Motik, Dewan Pembina Universitas Esa Unggul mengatakan, gerakan penanaman pohon di Kampus Universitas Esa Unggul merupakan awalan, dimana target besar lainnya yaitu gerakan penanaman pohon secara nasional untuk pembangunan berkelanjutan.
Kata Dewi Motik, kondisi alam Indonesia yang semakin lama semakin terkikis, harus bisa menggugah keinginan semua orang untuk melakukan pembaruan. Termasuk para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.
“Jika bukan mahasiswa sebagai generasi bangsa, siapa lagi yang akan peduli terhadap lingkungan kita,” ungkap Dewi Motik.
Direktur Universitas Esa Unggul Kampus Tangerang, Dr. Drs. Dihin Septyanto, ME menjelaskan, gerakan penanaman pohon sangat baik dimulai dari kampus. Selain bertujuan mengedukasi, Dihin juga sadar betul bahwa mahasiswa merupakan calon-calon pemimpin bangsa. Ditangan merekalah nantinya bangsa dan negara tumbuh berkembang.
“Memelihara dan menanam pohon. Kita ingin memberikan pembelajaran ilmu tanam dan pelihara, hasilnya akan diraskan oleh mahasiswa juga,” tegas Dihin, disela-sela penanaman pohon, Rabu 23 Februari 2022.
Rektor Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA., IPU mengatakan, program ini sangat baik untuk mewujudkan kampus yang asri, memaksimalkan lokasi resapan air. Selain menumbuhkan rasa tanggungjawab mahasiswa dan dosen Universitas Esa Unggul untuk menjaga kelestarian lingkungan.
“Tentunya program penghijauan kampus sangat diperlukan. Apalagi kita lebih menekankan mahasiswa harus mampu merawat tanam tersebut, tentunya tidak hanya menanam pohon,” ungkap Arief.
Sementara itu, Ketua Umum V IWAPI, Hana Hasanah Fadel Muhammad menambahkan, gerakan penanaman pohon yang diinisiasi oleh IWAPI dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang 47 tahun, menjadi contoh bagi kampus-kampus lain untuk melakukan penghijauan di lingkungan kampus.
“Alhamdulillah hari ini terlaksana, ada seribu pohon yang kita tanam. Bukan tanam saja, tetapi kita akan adakan MOU antara KLHK dengan Universitas Esa Unggul untuk kesinambungan, untuk diadakan edukasi. Saya sampaikan ke mahasiswa bahwa kalian tidak hanya menanam, tapi harus tahu ilmunya. Bagaimana mempelajari ilmunya, dengan belajar di KLHK punya tempat,” tegas Hana. (mas)

Wartawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =