Waspada! Gunung Anak Krakatau Siaga III

[ad_1]

BANTEN (SBN) – Tinggi asap kawah Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda antara Banten dan Lampung mencapai 150 meter dengan teramati berwarna putih, kelabu dan hitam.

“Saat ini kondisi Gunung Anak Krakatau masih berstatus siaga Level III,” kata Anggi Nuryo Saputro, petugas penyusunan pelaporan yang diunggah melalui laman KESDM Badan Vulkanologi PVMBG Pos Pengamatan Pasauran Gunung Anak Krakatau (GAK), Anyer, Kabupaten Serang, Kamis 5 Januari 2023.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga membenarkan bahwa informasi tersebut diperoleh dari PVMBG melalui postingan media sosial.

“Betul kami telah menerima surat dari Badan Geologi Kementerian ESDM bahwa terjadi erupsi Anak Krakatau pada Kamis, 5 Januari 2023 sekira pukul 00.13 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati 750 meter diatas puncak atau sekitar 907 meter diatas permukaan laut, kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah timur laut,” ucap Shinto.

Shinto memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau.

“Terkait erupsi tersebut masyarakat diminta untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif,” imbaunya.(Zie)



[ad_2]

Penulis

Pos terkait