Pemkab Tangerang Gelar Mudik Gratis bagi 1.450 Warga ke 12 Kota Tujuan di Pulau Jawa

Pemkab Tangerang Gelar Mudik Gratis bagi 1.450 Warga ke 12 Kota Tujuan di Pulau Jawa

TANGERANG (intangerang.com) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan menyelenggarakan program Mudik Gratis tahun 2023 dengan tujuan ke 12 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Agus Suryana mengatakan, pihaknya akan menyiapkan kuota yang mencapai 1.450 penumpang. Ia menyebut, program ini merupakan program milik Pemkab Tangerang dan bukan merupakan program dari Kementrian Perhubungan.

“Pada program Mudik Gratis ini kami menargetkan yang akan diangkut sekitar 1.450 penumpang dengan mengerahkan 28 unit bus jenis bus pariwisata. Ada 12 jurusan yang Kabupaten/kota di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I Yogyakarta,” ujar Kadishub pada Senin (20/03/2023).

Kegiatan serupa sebelumnya juga pernah dilaksanakan pada tahun 2018 dan 2019 dan terhenti di Tahun 2020 dikarenakan Covid-19. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk pelayanan Pemerintah Kabupaten Tangerang di bidang Transportasi pada masa lebaran dengan memprioritaskan warga masyarkat Kabupaten Tangerang untuk pulang ke kampung halaman.

“Program ini terbuka bagi pemudik yang merupakan warga Kabupaten Tangerang yang dibuktikan dengan KTP. Selain itu, warga dengan KTP daerah lain juga diperbolehkan ikut selama memiliki domisili atau bekerja di wilayah Kabupaten Tangerang,” paparnya.

Untuk pendaftaran mudik gratis ini akan dibuka mulai 23 – 29 Maret 2023. Pendaftaran akan ditutup saat jumlah peserta yang mendaftar sudah memenuhi kuota. Untuk cara pendaftarannya, peserta hanya tinggal melakukan pengisian data diri dan informasi lain melalui link https://forms.gle/tr1MKXkjwHpoJjcn6 selanjutnya Dishub akan melakukan verifikasi pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Untuk keberangkatan bus mudik gratis lebaran ini dijadwalkan pada Senin, 17 April 2023.

“Program ini hanya mengakomodasi untuk perjalanan mudik saja dan tidak untuk arus balik. Lokasi pemberangkatan dan waktunya akan diumumkan kemudian, peserta mudik nantinya harus sudah datang di lokasi minimal 1 jam sebelum berangkat,” lanjutnya

Sebagai informasi, Pendaftaran mudik gratis ini hanya dilakukan secara online melalui pengisian formulir di situs Google Doc sedangkan untuk pusat informasi silahkan datang ke kantor Dishub Kabupaten Tangerang atau bisa kunjungi laman Instagram @Dishubkabtang.

Berikut ini adalah daftar Kabupaten/Kota yang menjadi tujuan pada program Mudik Gratis Kabupaten Tangerang tahun 2023.

1. Prov. Jawa Barat
– Pangandaran
– Cirebon
2. Prov. Jawa Tengah
– Semarang
– Solo
– Wonogiri
– Purworejo
– Wonosobo
3. Prov. Jawa Timur
– Madiun
– Malang
– Surabaya
– Banyuwangi
4. D.I.Yogyakarta

(Mel/Red)

Penulis

Pos terkait