Puskesmas Mekar Jaya Buka Konseling Upaya Berhenti Merokok di Kalangan Pelajar

Puskesmas Mekar Jaya Buka Konseling Upaya Berhenti Merokok di Kalangan Pelajar

TANGERANG (intangerang.com) — Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mekar Baru melakukan sosialisasi dan skrining antirokok di kalangan pelajar tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Rabu (8/3/23). Kegiatan tersebut dilakukan untuk meminimalisir perokok aktif di usia remaja.

Kepala Puskesmas Mekar Baru, Rina Ristiyanti mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para siswa mengenai bahaya rokok serta pola perilaku hidup sehat tanpa rokok.

“Kami mengunjungi 5 sekolah tingkat SMP/sederajat di wilayah Kecamatan Mekar Baru dan melakukan skrining pada 150 siswa dengan mengisi kuisioner untuk mengetahui perilaku siswa mengenai rokok,” kata Rina.

Menurutnya, setelah dilakukan skrining perilaku merokok diketahui beberapa siswa sudah mulai merokok sejak usia SD. Para siswa tersebut disarankan untuk dapat mengikuti konseling Upaya Berhenti Merokok (UBM).

“Bagi perokok aktif di kalangan siswa, kami menyarankan untuk melakukan konseling di Puskesmas Mekar Baru yang dilaksanakan setiap hari Kamis, dengan harapan para siswa dapat berhenti merokok dan mulai hidup sehat tanpa rokok,” tuturnya.

Selain itu, Rina juga menuturkan pihaknya turut melakukan kerja sama dengan lintas sektor baik di kecamatan maupun sekolah, agar kegiatan UBM ini dapat digelar di semua sekolah di wilayah Kecamatan Mekar Baru.

“Kami berharap ke depannya agar kegiatan ini dapat dilakukan di semua sektor baik sekolah maupun kantor pemerintahan, dan nantinya semua sektor dapat menerapkan sekolah bebas asap rokok,” pungkasnya.(Mel/Red)

Penulis

Pos terkait