Dishub Kabupaten Tangerang Periksa Kelaikan Angkutan Umum Menjelang Mudik

Dishub Kabupaten Tangerang Periksa Kelaikan Angkutan Umum Menjelang Mudik

TANGERANG (intangerang.com) — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang melakukan Pemeriksaan Kelaikan Jalan (Ramp Check ) bagi angkutan umum di Pool PO Putra KJU, Citra Raya, Kabupaten Tangerang,Rabu (05/04/2023).

Kepala Bidang Keselamatan, Sarana, dan Prasarana pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Surachman mengatakan, kegiatan Ramp check ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan kelaikan operasional angkutan penumpang dan meningkatkan keselamatan penumpang khususnya menjelang libur mudik lebaran Tahun 2023. Ia mengungkapkan, kegiatan ini juga dilakukan guna memeriksa kesiapan armada bus yang nantinya akan digunakan untuk program mudik gratis 2023 yang digelar oleh Pemkab Tangerang.

“Kegiatan ini merupakan manifestasi keselamatan lalulintas dan angkutan jalan, yang pada kesempatan ini diprioritaskan untuk Angkutan Penumpang yang diperuntukkan Mudik Gratis, yaitu sejumlah 14 unit bus yang akan kami periksa kelayakan jalannya di PO. Putra KJU ini,” ujar Surachman saat diwawancarai.

Selain itu, guna memastikan kendaraan memenuhi syarat teknis dan laik jalan, kata Surachman, ada beberapa hal yang menjadi target pemeriksaan, yaitu kelengkapan Unsur Administrasi dan juga pemeriksaan Unsur Teknis Utama dan Unsur Teknis Pendukung dari kendaraan.

“Adapun Hasil dari kegiatan ini, dari total 7 bus yang diperiksa semuanya sudah memenuhi persyaratan dan laik jalan, masih ada beberapa poin catatan yang harus dilakukan perbaikan pada kendaraan namun tidak begitu signifikan seperti lampu LED dengan bersinar blinking yang sebaiknya tidak digunakan khawatir akan mengganggu pengemudi kendaraan lainnya” ujarnya.

Ia juga juga berpesan kepada para pemilik PO untuk terus meningkatkan kualitas sarana prasarana kendaraanya dan mempertahankan kelayakan kendaraannya. Ia mengimbau kepada seluruh stakeholder terkait untuk dapat bersinergi dan meningkatkan fungsinya masing-masing guna menciptakan keselamatan masyarakat khususnya dalam aktivitas berlalu-lintas.

“Untuk kendaraan yang dinyatakan tidak layak kami akan berikan teguran dan kami minta untuk tidak dioperasikan. Dan untuk kedepannya kami juga akan melakukan kegiatan rampchek khususnya pada hari hari besar dan tahun baru” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada periode triwulan kedua ini kegiatan rampcheck ini dilaksanakan mulai tanggal 4-11 April 2023 dengan menargetkan pengecekan di seluruh pool bus atau agen bus di wilayah Kabupaten Tangerang. Sementara itu, Direktur Utama Putra KJU Puspa Prihatin Ningtias mengatakan dirinya sangat menyambut baik kegiatan ramp check ini. Menurutnya, kegiatan ini perlu dilakukan mengingat aspek keselamatan awak bus dan penumpang harus diutamakan. Terkait beberapa catatan yang perlu diperbaiki pada armada kendaraannya, Puspa menyampaikan pihaknya segera memperbaiki unit tersebut.

“Untuk unit yang mendapat beberapa catatan kami akan perbaiki semua mulai dari hari ini. Kami juga memiliki tim mekanik tersendiri yang sudah terpercaya dan sudah terverifikasi kemampuannya, jadi semua langsung di perbaiki,” pungkasnya.(Mel/Red)

Penulis

Pos terkait