132 Jamaah Asal Kabupaten Tangerang Dibekali Manasik Haji Ramah Lansia

132 Jamaah Asal Kabupaten Tangerang Dibekali Manasik Haji Ramah Lansia

TANGERANG (intangerang.com) — Kementerian Agama (Kemenag) akan memberangkatkan sekitar 67.000 calon jamaah haji lanjut usia (lansia) dari seluruh Indonesia atau sebanyak 30 persen dari total 203.320 kuota haji 2023. Kategori lansia yaitu calon jamaah dengan usia 65 tahun ke atas.
Dari jumlah tersebut, sebanyak 132 calon jamaah haji lansia berasal Kabupaten Tangerang. Para jamaah lansia ini diberikan bimbingan manasik secara khusus dari Kemenag termasuk di Kabupaten Tangerang.

Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang Ade Baijuri menjelaskan, pelaksanaan ibadah haji 2023 memberlakukan haji ramah lansia, di mana ada 132 jamaah haji yang masuk kategori ini. “Saat ini Kementrian Agama memiliki program prioritas yaitu haji ramah lansia, maka untuk para lansia akan diberikan meteri khusus dari Pemerintah yang disampaikan oleh narsumber terkait dengan kebijakan pelayanan khusus untuk pelayanan lansia,” ujarnya, Selasa (16/5/2023).

Bimbingan manasik calon jamaah haji lansia digelar di Masjid Al-Amjad, Kabupaten Tangerang, Selasa (16/05/2023) dan Kamis (18/05/2023). Acara ini dibuka Asisten Daerah (Asda) I dan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Banten.
Para petugas pemberangkatan haji juga telah diberikan pembelajaran khusus untuk lansia, berbagai fasilitas akan di sediakan oleh pemerintah seperti kursi roda dan semua yang dibutuhkan para lansia.

Selain kuota haji utama, Pemerintah Arab Saudi juga memberikan kuota tambahan sebanyak 8.000 orang. Dengan begitu, total jamaah haji yang akan diberangkatkan masih bertambah. Bagi calon jamaah haji yang tidak bisa memenuhi persyaratan dan belum melunasi pembayaran, maka kesempatan tersebut akan dialihkan kepada jamaah daftar tunggu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten Nanang Fatchurohman berterimaksih kepada seluruh panitia dan Kementerian Agama Kabupaten Tangerang terkait persiapan pemberangkatan haji tahun ini.
“Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kuota jamaah haji yang begitu luar biasa. Saya juga berharap semoga para jamaah haji bisa berangkat dan pulang dengan selamat dan selalu diberikan kesehatan,” jelasnya.(Mel/Red)

Penulis

Pos terkait