PKK Kabupaten Tangerang Pendampingan Anak Stunting dalam Upaya mendukung Strategi Nasional

PKK Kabupaten Tangerang Pendampingan Anak Stunting dalam Upaya mendukung Strategi Nasional

TANGERANG (intangerang.com) – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tangerang mengikuti kegiatan Pendampingan Anak Stunting. Acara tersebut diselenggarakan oleh TP PKK Provinsi Banten melalui Metting Zoom. (Pendopo Bupati Tangerang, Kamis, 05 Oktober 2023).

Kegiatan tersebut adalah upaya mendukung strategi Nasional (Stranas) Percepatan Penurunan Stunting Khususnya di Provinsi Banten, dalam hal ini Pj. Ketua TP. PKK Provinsi Banten telah melaksanakan pendampingan pada anak stunting. “kami haturkan terimakasih atas dedikasi TP. PKK Kabupaten/Kota, Kecamatan sampai Desa/Kelurahan selama memdampingi anak stunting. Namun memang masih terdapat anak yang belum pulih maka perlu adanya pengecekan anak yang belum pulih di seluruh wilayah”. Kata Tine Al Muhtabar

Disisi lain Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang, Mirasari Andy Ony menyampaikan dalam sambutannya bahwa masih terdapat anak stunting di wilayah kabupaten tangerang sesuai data yang kami dapatkan dari Provinsi Banten per tanggal 23 September 2023, maka dengan ini kami mencoba beberapa hal dan upaya dalam percepatan penurunan stunting khusnya yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Tangerang di wilayah Kecamatan, Desa/Kelurahan”.

Adapun beberapa upaya yang dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Tangerang yaitu Kegiatan Intervensi spesifik TP PKK aktif dalam kegiatan promisi dan konseling menyusui pemberian makanan bayi dan anak yang dilakukan di keluarga stunting dan beresiko stunting, kegiatan bina keluarga baliata dan peningkatan kesadaran dan praktik pengasuhan gizi ibu dan anak, melaksanakan edukasi, konseling perubahan perilaku, penyediaan akses PAUD, melaksanakan peningkatan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat dimasyarakat dengan melakukan lomba setiap tahunya, mengikuti acara rembug stunting yang dilakukan oleh Bappeda Kabupaten Tangerang untuk bersama sama berkomitmen menurunkan angka stunting. “Lanjutnya.

“dalam penurunan stunting terdapat beberapa kendala yang kami hadapi masih rendahnya pendidikan ibu sehingga pengetahuan yang kami berikan tidak bisa langsung merubah perilaku masyarakat. namun semangat kami TP PKK Kabupaten Tangerang Terus berusaha agar angka Stunting di Kabupaten Tangerang dapat terus menurun” Pungkasnya. (Mel/Red)

Pos terkait