DPKP Kabupaten Tangerang Gelar Vaksinasi Rabies Gratis untuk 500 Hewan

DPKP Kabupaten Tangerang Gelar Vaksinasi Rabies Gratis untuk 500 Hewan

TANGERANG (intangerang.com) – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang menggelar vaksinasi rabies gratis dalam rangka memperingati World Rabies Day dan HUT ke 391 Kabupaten Tangerang di halaman Gedung Usaha Daerah (GUD) Pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang, Tigaraksa, Selasa (10/10/23).

Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya mencegah serta mengantisipasi penyebaran virus rabies pada hewan peliharaan. Virus rabies merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan kematian.

“Untuk kegiatan ini kami sudah menyiapkan 500 dosis vaksin rabies untuk 500 ekor hewan peliharaan yang berpotensi menularkan rabies seperti kucing, anjing, musang, dan monyet,” katanya.

Diketahui, saat ini populasi Hewan Penular Rabies (HPR) di Kabupaten Tangerang Tahun 2023 tercatat sebanyak 3.203 ekor yang terdiri dari 974 ekor anjing dan kucing 2.229 ekor.

Asep mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaannya untuk dapat memanfaatkan momen tersebut dengan memberikan vaksin rabies pada hewan peliharaan mereka.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi rabies akan dilakukan di dua tempat lainnya, yakni di Desa Salembaran Jaya Kecamatan Kosambi pada 14 Oktober 2023 dan Rencananya di Perumahan Citra Raya Kecamatan Cikupa pada 15 Oktober 2023 ( tentative).

Untuk setiap harinya bisa didapatkan di UPTD Puskeswan Balaraja.

Pada kegiatan ini para warga juga terlihat antusias membawa peliharaan mereka untuk divaksin. Salah satunya, Fahim, warga asal Kecamatan Binong.

Fahim menuturkan dirinya mengetahui informasi pelaksanaan vaksinasi rabies gratis tersebut melalui Puskeswan panongan saat ia tengah melakukan steril pada kedua kucing peliharaannya.

“Saat mendapat informasi kalau ada vaksin rabies gratis disini, kami langsung datang. Karna vaksin rabies ini penting ya, kita selalu berinteraksi dan bersinggungan langsung dengan kucing, jadi untuk menjaga kesehatan kami berikan vaksin,” katanya.

Ia berharap kegiatan vaksinasi rabies gratis ini dapat dilaksanakan secara rutin kedepannya, sehingga dapat mencegah terjangkitnya virus rabies pada hewan peliharaan lainnya. (Mel/Red)

Penulis

Pos terkait