Diskum Kabupaten Tangerang Fasilitasi Penjualan Produk Lokal lewat Rumah Diskum

Photo: istimewa

Intangernag.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskum) Kabupaten Tangerang menginisiasi Inovasi Rumah Diskum dalam program kerja 2024. Rumah Diskum akan menampung seluruh produk usaha mikro Kabupaten Tangerang dan diperjualbelikan melalui e-commerce.

“Inovasi ini masih dalam kajian, namun kami yakin di tahun ini bisa rampung, agar meningkatkan daya beli masyarakat pada produk lokal,” ungkap Kepala Diskum Kabupaten Tangerang, Anna Ratna, Rabu (10/01/24).

Selanjutnya Diskum akan melakukan pelatihan dan fasilitasi legalitas HKI beserta sertifikat halal dan bantuan dari Unit Pelayanan Dana Bergilir (UPDB). Bantuan ini bisa menawarkan bunga rendah dengan tujuan memudahkan dan mempercepat pengembangan usaha.

“Itu kita lakukan dan fasilitasi agar usaha mikro dapat naik kelas menjadi industri kecil serta menghindari pelaku usaha meminjam ke tempat lain dengan bunga yang besar, nantinya akan menyulitkan dalam mengembangkan usahanya,” tuturnya.

Selain itu, Diskum merencanakan pembentukan lembaga inkubator untuk inkubasi produk usaha mikro. Lembaga ini nantinya menjadi wadah bagi usaha mikro dalam membantu pengembangan usahanya baik manajemen maupun teknologi sederhana. Sehingga hasil usaha mikro bisa lebih baik kualitasnya dan lebih luas pemasarannya.

Pihaknya akan terus melanjutkan program yang ada di bidang pemasaran produk dan pameran produk lokal.

“Kita adakan Bazar Ramadhan di beberapa titik wilayah Kabupaten Tangerang dan festival Al-Amjad lalu festival kuliner di Ketapang Aquaculture,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap ini semua bisa berjalan sesuai rencana, tentu banyak hal positif yang dirasakan tetutama membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat, meningkatkan daya beli serta menurunkan inflasi yang ada di Kabupaten Tangerang.(rill/jay)

Pos terkait