Dinas Perindag Gelar Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri

Dinas Perindag Gelar Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri

TANGERANG (intangerang.com) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang menggelar Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri Tahun 2023 di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa, Selasa (10/10/2023).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, Resmiyati Marningsih, mengatakan, Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) berpeluang meningkatkan pertumbuhan sektor industri pengolahan dan berkontribusi pada ekonomi nasional.

“Melalui program tersebut pemerintah berupaya untuk mendorong masyarakat agar lebih banyak menggunakan produk dalam negeri guna menumbuhkan kemandirian bangsa dan meningkatkan peran Indonesia dalam rantai suplai global”, ujarnya pada acara bertema “Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri Kabupaten Tangerang” tersebut.

Kegiatan ini mendorong implementasi penyerapan produk dalam negeri. Business Matching mempertemukan instansi pengguna PDN dengan pelaku usaha industri dalam negeri, memberdayakan industri dalam negeri dan memperkuat struktur industri nasional dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Pelaksanaan program P3DN ini sebagai wujud nyata membangkitkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia dalam mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.

Salah satu bentuknya adalah dengan mewajibkan Instansi Pemerintah untuk memaksimalkan penggunaan hasil produksi dalam negeri dalam kegiatan pengadaan barang/jasa yang dibiayai oleh APBN/APBD.

Selain itu, Kabupaten Tangerang terkenal sebagai kota 1000 Industri ada beberapa Kawasan Industri di Kabupaten Tangerang (Kawasan Millenium, Kawasan Cikupa Mas, Kawasan Kosambi).

“Jumlah pelaku usaha industri kecil dan menengah di kabupaten tangerang berdasarkan data dari SIINas sebanyak 629 Industri, yang memiliki sertifikat TKDN sebanyak 355 Industri, dengan tingkat presentase 52%,” tuturnya

Masih banyak Pelaku Industri yang belum terdata di Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) untuk itu dalam acara ini juga mendorong agar Pelaku Industri untuk registrasi akun SIINas.

“Semoga ilmu yang didapatkan hari ini dapat bermanfaat untuk mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan usaha kecil dan menengah di wilayah kabupaten tangerang,” tuturnya. (Mel/Red)

Pos terkait