Sambut Tamu Negara KTT ASEAN 2023, Pj Gubernur Al Muktabar Tampilkan Budaya Banten

photo: istimewa

intangerang.com,- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengenalkan Budaya Banten saat menyambut para tamu KTT ASEAN. Salah satunya Perdana Menteri Cook Island Mark Brown di Terminal VIP Bandara Soekarno-Hatta. Minggu malam, (03/08/2023).

Perdana Menteri Cook Island, Mark Brown tiba sekitar pukul 19.25 WIB. Kedatangannya untuk mengikuti rangkaian  kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang berlangsung 5 s.d 7 September 2023 di Jakarta.

Kehadiran Mark Brown sebagai negara undangan pada KTT ASEAN ke-43. Cook island juga merupakan negara yang menjadi Ketua Pacific Island Forum (PIF) yang memperkuat kerja sama dan integrasi untuk menyatukan sumber daya setempat dalam mencapai pertumbuhan ekonomi.

Al Muktabar menyampaikan kedatangan Perdana Menteri Cook Island disambut dengan penampilan tarian khas Banten.

Tarian yang disuguhkan yakni Tari Walijamaliha yang menggambarkan keceriaan warga Banten dalam menyambut kehadiran para tamu kehormatan di Wilayah Provinsi Banten.

“Menjalankan amanat dari Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Malam ini kita menerima tamu di Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Al Muktabar.

“Dalam sambutan ini kita menyuguhkan apa yang kita miliki sebagai Identitas Provinsi Banten itu sendiri,” ungkapnya.

Baca juga : Pemkab Tangerang Kembali Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan Tingkat Nasional

Al Muktabar menyampaikan, dengan adanya event KTT ASEAN ke-43. Pemprov Banten merasa terbantu dalam memperkenalkan Budaya Banten ke kancah internasional melalui tamu negara.

“Tentunya kita terima kasih ada event internasional lalu kita bisa memperkenalkan Banten. Melalui kegiatan ini banyak hal yang bisa kita ceritakan kepada Kepala Negara,” katanya.

Tidak hanya itu, dalam penerimaan Perdana Menteri Cook Island, Al Muktabar juga memperkenalkan minuman sop buah sebagai warisan budaya tak benda di  Indonesia.

“Tadi juga beliau suka sop buah. Ketika saya mendampingi beliau didalam jadi obrolan santai kita mengenai sop buah,” ungkapnya.

Dalam penyambutannya, Al Muktabar bersama Mark Brown juga berdialog ringan tentang Bandara Soekarno-Hatta  yang wilayahnya berada di Provinsi Banten.

Al Muktabar menyebutkan, dengan sambutan hangat yang telah diberikan kepada tamu negara ini. Mampu dijadikan sebagai perwujudan bahwa Indonesia merupakan negara yang aktif dalam perdamaian dunia.

“Maka menjadi tuan rumah KTT ASEAN dengan berbagai negara mengunjungi kita. Kita bisa memperkuat persahabatan antar negara yang nantinya bisa kita tuangkan dalam perdamaian dunia,” jelasnya

Baca juga : Sekda Imbau Pegawai Terus Tingkatkan Kedisiplinan dan Pelayanan

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Banten Rohendi, mengungkapkan Tarian  Walijamaliha yang ditampilkan  dalam penerimaan tamu negara ini dikemas dengan keragaman harmonisasi.

Dimana harmonisasi tersebut diambil dari budaya Banten, nuansa budaya islami dan akulturasi budaya yang menetap di wilayah Provinsi Banten.

“Pada penerimaan ini Pemprov Banten melibatkan Kang Nong Banten dan menampilkan Tarian Waljamaliha dari Sanggar Bale Seni Ciwasiat,” ungkapnya.(rill)

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *