Puncak Peringatan Hari Koperasi Ke-76 Berlangsung Meriah

Puncak Peringatan Hari Koperasi Ke-76 Berlangsung Meriah

TANGERANG (intangerang.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-76 Tingkat Kabupaten Tangerang di pelataran Gedung Serba Guna (GSG) Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Kamis (7/9/23).

Acara yang dibuka oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, dan dimulai dengan tarian Bajidor Kahot itu  berlangsung meriah. Masyarakat sekitar tampak memadati lokasi acara dengan antusias .

Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskum) Kabupaten Tangerang, Nurul Hayati, mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung pada 7-9 September 2023. Sejumlah UMKM serta berbagai instansi dan perangkat daerah juga ikut memeriahkan acara.

“Di puncak perayaan Hari Koperasi ini terdapat 35 stand dari sejumlah pelaku usaha mikro dan koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Tangerang. Stand tersebut menjual berbagai makanan, minuman, kerajinan dan juga elektronik,” tuturnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini, koperasi dapat lebih dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tangerang serta para pelaku usaha mikro dapat meningkatkan kualitas produk hingga bisa dikenal baik pada taraf nasional maupun internasional.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut turut dirangkaikan dengan pemberian penghargaan bagi sejumlah pengawas/pengurus koperasi, lembaga dan juga akademisi. Salah satunya, Endang Iryani, seorang akademisi yang menerima penghargaan pada kategori Akademisi Pendukung Program Dinas.

Endang selaku pendamping bagi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang terus berupaya memberikan pendampingan, salah satunya dengan membuat inovasi.

“Saya sebagai akademisi mendampingi Diskum pada berbagai macam program dan memberikan pendampingan dengan membuat inovasi yaitu PA EKO (Pelaporan E-Koperasi),” katanya.

Pendampingan juga dilakukan pada berbagai jenis koperasi binaan Diskum. Sesuai data, ada 1.500 koperasi. Dia berharap ke depannya konsep-konsep serta inovasi yang dibuat dapat terus dilanjutkan dan diterapkan oleh Diskum dan koperasi-koperasi binaan. Dengan begitu, koperasi dapat berjalan sebagai penyokong ekonomi kerakyatan terutama dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat Kabupaten Tangerang. (Mel/Red)

Pos terkait