FGD Diseminasi Akhir, Aplikasi SP4N LAPOR! Jadi Saluran Tunggal Pengaduan

FGD Diseminasi Akhir, Aplikasi SP4N LAPOR! Jadi Saluran Tunggal Pengaduan

KABUPATEN TANGERANG (intangerang.com) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Diseminasi Akhir Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) bagi seluruh kecamatan, kelurahan dan desa di Hotel Episode Gading Serpong, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Solehhudin mewakili Pj Bupati Tangerang. Dalam sambutannya, Solehhudin meminta semua pihak tidak apriori dengan pengaduan masyarakat. Menurut dia, hal itu merupakan bukti cinta dan partisipasi masyarakat.

“Complaint is a gift, jangan dipandang negatif. Itu bukti cinta dan partisipasi masyarakat untuk perbaikan pelayanan publik di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Ia berharap Pemkab Tangerang terus berkomitmen mengimplementasikan aplikasi LAPOR! sebagai satu-satunya aplikasi umum pengaduan sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang dikenal dengan e-Government.

Aplikasi LAPOR! di Pemerintah Kabupaten Tangerang menjadi backbone dan muara utama pengaduan berbagai kanal yang ada dan terus berkembang.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Ahmad Suryadi mewakili Kepala Diskominfo memaparkan, faktor pengungkit ada 6 yang menjadi pendorong komitmen pimpinan.

Pertama, kondisi demografis (banyaknya penduduk dan luasnya wilayah). Kedua, banyaknya penduduk pendatang. Ketiga, tingkat kritisme masyarakat. Keempat, kepatuhan Pemkab Tangerang dalam mengikuti peraturan nasional aplikasi umum (tunggal) pengaduan menggunakan SP4N-LAPOR!.

“Kelima, ejawantah misi keempat Kabupaten Tangerang. Keenam, Kabupaten Tangerang ditunjuk menjadi daerah percontohan, diberi bimbingan teknis oleh Pemerintah Pusat dan NGO Internasional KOICA dan UNDP,” ujar Suryadi.

Hal tersebut tidak menyurutkan langkah Pemkab Tangerang terus berbenah, berafirmasi positif dan optimistis bahwa Pemkab Tangerang bisa terus berbenah dan “Terus Berjuang, Semakin Gemilang” sebagaimana motto HUT Ke-391 Kabupaten Tangerang. (Mel/Red)

Pos terkait