Kunker DPR RI Di Tangsel Tinjau Penanggulangan Bencana Serta Bantuan Sosial

Kunker DPR RI Di Tangsel Tinjau Penanggulangan Bencana Serta Bantuan Sosial

KOTA TANGSEL (intangerang.com) — Kunjungan Komisi VIII DPR RI ke Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bertujuan untuk mengawasi penanggulangan bencana dan penyaluran bantuan sosial oleh Pemerintah Kota (Pemkot).

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi mengatakan, dampak yang di timbulkan oleh El- Nino pada akhir tahun 2023 lalu ini masih berlanjut yang tadinya kekeringan sekarang digantikan oleh banjir, longsor, dan bencana lainya.

Ia menyampaikan, masyarakat perlu menyadari dan mempersiapkan dalam menghadapi bencana yang tidak terduga.

“Kita harus mempersiapkan masyarakat untuk selalu siap siaga jika terjadi bencana yang tidak kita ketahui waktu dan lokasinya,”ujarnya pada Rabu 20/3/2024.

Dan dalam bidang sosial, Komisi VIII DPR RI sudah menyetujui terkait alokasi belanja bantuan sosial Program Keluarga Harapan(PKH) untuk tahun 2024, dengan jumlah anggaran 28,7 triliun untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat, dan juga belanja bantuan sosial sembako sebesar 45,1 triliun untuk 18,8 juta KPM.

Sementara itu, ada bantuan juga yang diperuntukan untuk para disabilitas, lansia, serta kelompok rentan lainya.

“sasaran dari alokasi ini adalah agar seluruh warga negara, baik perorangan maupun kelompok yang mengalami kerawanan sosial, dapat tetap hidup secara layak,” ucapnya.

Selain itu, Sekertaris Jendral Kemensos RI, Robben Rico menyampaikan, Kemensos RI siap memberikan bantuan ke masyarakat salah satunya di Tangsel.

Ia berharap, bantuan tersebut tepat sasaran dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Ia menambahkan, kepada Dinas Sosial (Dinsos) untuk bisa memanfaatkannya bagi masyarakat dalam upaya mengatasi kemiskinan.

“Kemensos sangat siap membantu Dinas Sosial di Tangsel, baik dalam hal persediaan cadangan pangan maupun pelatihan untuk Tim Tagana dan rekan-rekannya,” tutupnya. (Jody/Red)

Pos terkait