by

6 Tips Memilih Baju Untuk Hari Lebaran

Biasanya menjelang Lebaran, baik mall, supermarket, hingga pusat grosir akan dipenuhi dengan orang yang siap berburu berbagai jenis kebutuhan untuk Lebaran. Salah satu kebutuhan lebaran yang menjadi prioritas untuk diburu adalah pakaian.

Mengenakan baju baru saat lebaran bukanlah kewajiban. Tapi bagi orang Indonesia, merayakan Idul Fitri boleh saja tanpa memakai baju baru. Menyambut hari raya idul fitri, sebagian besar masyarakat tetap berbelanja pakaian agar bisa tampil maksimal saat liburan maupun saat bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman. Kamu pun berlomba-lomba untuk tampil cantik atau tampan.

Maka tak heran sikap konsumtif kita jelang lebaran dimanfaatkan oleh sejumlah pelaku bisnis. Banyaknya penawaran diskon dari pusat perbelanjaan dan toko online tentunya sangat menggiurkan bagi masyarakat. Apalagi bonus THR juga berkurang, tentunya ini sangat berguna untuk berburu diskon atau belanja kebutuhan lebaran. Berikut ada beberapa Tips Memilih Baju Lebaran Hemat.

Bagaimana Tips Memilih Baju Lebaran Hemat?

Catat Semua Kebutuhan Anda, Bukan Keinginan Anda

Cara berbelanja baju lebaran yang pertama adalah dengan menuliskan apa yang paling Anda butuhkan. Prioritaskan pakaian apa yang paling dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Misalnya, Anda membutuhkan gamis, baju koko, atau baju lebaran sebagai pengganti tas mahal. Kemudian baju yang harus kamu beli yaitu gamis, baju koko, atau baju lebaran.

Fokus pada Merek

Terkadang berbelanja baju menjadi begitu boros karena hanya melihat model bajunya saja. Akan lebih baik jika Anda fokus memilih pakaian dari merek tertentu. Ini akan mempersempit pilihan Anda sehingga Anda tidak akan tergoda untuk membeli pakaian lain.

Bawa Uang Secukupnya

Jika kamu berbelanja baju lebaran di department store, maka cara paling efektif yang bisa kamu lakukan agar tidak gila-gilaan saat berbelanja adalah dengan membawa uang yang cukup. Sebisa mungkin tidak membawa kartu kredit, sehingga bisa membantu Anda mengontrol keinginan berbelanja baju lebaran yang berlebihan.

Terapkan Pola Pikir untuk Hemat

Baik berbelanja baju di toko offline maupun toko online, latih mereka untuk menerapkan pola pikir hemat saat berbelanja. Mungkin hal ini akan menyulitkan Anda yang merupakan tipe orang yang suka berbelanja. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba ‘menghemat’ dompet Anda.

Cari Baju Diskon

Banyak sekali tempat belanja dan juga toko online yang menawarkan diskon jelang lebaran untuk berbagai merek baju dan perlengkapan lebaran. Untuk lebih berhemat, jangan lewatkan program diskon. Kamu bisa update informasi melalui media sosial agar tidak ketinggalan saat diskon dimulai.

Belanja Online

Buat kamu yang malas berdesak-desakan, pusing melihat keramaian, atau malas jalan-jalan dan gampang pegal, kamu bisa coba beli baju lebaran secara online. Di era teknologi yang serba canggih ini, belanja online tentu sangat memudahkan Anda untuk memilih baju lebaran yang Anda inginkan karena hanya membutuhkan smartphone dan jari. Tak hanya itu, biasanya toko online juga suka memberikan banyak diskon menjelang lebaran. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi Anda yang ingin berbelanja lebih murah.

Sesuaikan Pengeluaran dengan Penghasilan

Perlu diingat bahwa dana yang dikeluarkan harus sesuai dengan pendapatan yang Anda dapatkan. Jangan sampai pengeluaranmu untuk lebaran lebih besar dari pemasukanmu. Apalagi jika terlilit hutang untuk memenuhi berbagai kebutuhan lebaran.

Ingatlah bahwa Ramadhan adalah bulan dimana kamu berusaha untuk kembali fitrah dan membentuk kebiasaan baru dengan memperbanyak ibadah. Jangan sampai ibadah Ramadhanmu terganggu karena sibuk mencari kebutuhan untuk Lebaran.

Demikian pembahasan mengenai Tips Memilih Baju Lebaran Hemat, semoga artikel ini bermanfaat.

Wartawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + sixteen =