Resmi Dibuka, Bupati Tangerang zaki Iskandar Hadiri City Sanitation Summit Ke-20

City Sanitation Summit (CSS) XX resmi dibuka oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar

Tangerang – Pelaksanaan City Sanitation Summit (CSS) XX resmi dibuka oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersama Ketua Umum AKKOPSI yang juga Wali Kota Jambi, Dr Syarif Pasya, dan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kemenko PMK, Drg Agus Suprapto, M.Kes. Acara ini digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Kabupaten Tangerang, Rabu (7/9). CSS merupakan ajang pertemuan kepala daerah untuk bertukar pengalaman, pengetahuan terhadap kegiatan sanitasi.

Pertemuan ini diharapkan menjadi wadah untuk membangun kemitraan dan mendorong upaya advokasi, promosi dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di Indonesia hingga 2045 mendatang. Pelaksanaan CSS XX pada hari kedua dibuka dengan penampilan Paduan Suara dari 30 orang siswa SMPN 1 Legok, membawakan lagu Indonesia Raya, Mars Kabupaten Tangerang, dan Mars AKKOPSI.

Kabupaten Tangerang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan CSS ke-20 tahun 2022 berdasarkan merupakan hasil keputusan Munas AKKOPSI ke-19 di Banjarmasin pada tahun 2019. Di samping itu, Kabupaten Tangerang selain dipandang mampu, juga kompeten karena memiliki program sanitasi yang berhasil dan dapat direplika daerah lain, seperti sanitasi sekolah, sanitasi pondok pesantren, IPAL Komunal, Gebrak Pak Kumis dan beberapa program lainnya yang tetap mengedepankan sanitasi yang baik, layak, bersih dan sehat.

Ketua Panitia CSS XX sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, dalam rangka CSS XX ini, pihaknya akan membeberkan sejumlah keberhasilan dalam pembangunan sanitasi di Kabupaten Tangerang. “Perkenankan kami melaporkan bahwa CSS Kabupaten Tangerang ini bertema ‘sanitasi aman investasi masa depan’,” ungkap dia di lokasi.

Agenda yang akan dilakukan antara lain sharing session, seminar dan kunjungan lapangan atas program sanitasi yang dilakukan Kabupaten Tangerang. Antara lain kunjungan ke Ketapang Urban Aquaculture, SMPN 2 Curug, Pesantren Dasar el Huda dan RSUD Balaraja.

“4 lokasi ini adalah bagian program besar sanitasi kabupaten tangerang,” ungkapnya.(ril/red)

Pos terkait