Dishub Kabupaten Tangerang Inspeksi Kelayakan Angkutan Umum Jelang Ramadhan

Dishub Kabupaten Tangerang Inspeksi Kelaikan Angkutan Umum Jelang Ramadhan

CIKUPA (intangerang.com) — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang terus melakukan penertiban pada sejumlah angkutan umum. Salah satunya dengan melakukan penertiban keselamatan lalu lintas angkutan jalan (LLAJ) atau Ramp Check pada sejumlah bus di Terminal PO Berdikari Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Kepala Dishub Kabupaten Tangerang, Agus Suryana, menuturkan pemeriksaan angkutan umum tersebut dilakukan dalam rangka persiapan tertib lalu lintas serta keselamatan penumpang, khususnya menjelang puasa Ramadhan.

“Karena sudah mau memasuki bulan ramadhan, kegiatan ramp check ini kami fokuskan bagi angkutan umum penumpang bus pariwisata yang berdomisili di wilayah Kabupaten Tangerang. Jadi kita perketat keamanannya,” kata Agus.

Agus mengungkapkan ada dua hal yang menjadi target pemeriksaan guna memastikan kendaraan memenuhi syarat teknis dan laik jalan yaitu kelengkapan administrasi kendaraan dan juga pemeriksaan fisik kendaraan.

“Kami melakukan pemeriksaan administrasi kendaraan, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), Bukti Lulus Uji KIR, izin trayek dan juga kartu pengawasan. Selain itu, kami juga mengecek fisik kendaraan mulai dari lampu, spion, klakson, ban, dan juga wiper,” pungkasnya.

Dari pengawasan tersebut, pihak Dishub menyatakan sejumlah bus yang melakukan pengecekan di PO Berdikari Cikupa telah memenuhi syarat layak jalan, baik unsur administrasi maupun unsur teknis.

“Ada 4 unit bus yang kami lakukan pengecekan ramp check. Seluruhnya telah memenuhi persyaratan laik jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, Agus menuturkan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan kualitas pemeriksaan kelayakan kendaraan. Ia juga mengimbau seluruh stakeholder terkait dapat bersinergi dan meningkatkan fungsinya masing-masing dalam meningkatkan keselamatan masyarakat khususnya dalam aktivitas berlalu-lintas.

“Kami akan meningkatkan kualitas pemeriksaan dengan menggunakan beberapa alat kedepannya untuk mengecek semua kebutuhan-kebutuhan kelayakan dalam berkendara serta mengedukasi pengendara, pemilik maupun pengelola perusahaan untuk lebih meningkatkan kesadaran pentingnya kelayakan kendaraan,” tuturnya.

Diketahui, kegiatan ramp check ini akan dilakukan selama bulan Maret dan menargetkan pengecekan di seluruh terminal, pool bus atau agen bus di wilayah Kabupaten Tangerang.(Mel/Red)

Penulis

Pos terkait