Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pj Gubernur Al Muktabar Ziarah ke Makam Tokoh Banten di Jakarta

Pj Gubernur Banten, Photo : istimewa

intangerang.com|Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar bersama Ketua Umum Perkumpulan Urang Banten (PUB), Irjen Pol (Purn) Taufiequrachman Ruki melakukan ziarah ke tiga makam diawali di Banten Lama makam KH Tubagus Achmad Chatib serta makam tokoh asal Banten di Jakarta. Makam Syafrudin Prawiranegara di TPU Tanah Kusir dan makam Jenderal (Purn) TNI Surjadi Soedirdja di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Ziarah itu dilakukan dalam rangka HUT ke-23 Provinsi Banten, Ulang Tahun ke-5 PUB serta memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengungkapkan, ziarah ini merupakan napak tilas sejarah dimana para tokoh yang dikunjungi ini mempunyai jasa yang sangat besar baik bagi bangsa Indonesia maupun Provinsi Banten.

Dikatakan, Syafruddin Prawiranegara, sosok yang kental dengan identity Bantennya ini merupakan pahlawan nasional yang lahir di Anyer, Kabupaten Serang. Di tangan dinginnya sejumlah posisi strategis di Indonesia pada awal kemerdekaan pernah ia emban.

Photo : istimewa

“Dikenal sebagai sosok negarawan dan ekonom Indonesia. Dia merupakan Gubernur Bank Indonesia pertama pada periode 1952-1958, serta Presiden Pemerintah Darurat Republik Indonesia pada 22 Desember 1948 s.d 13 Juli 1949,” ungkap Al Muktabar.

“Semangat beliau itu seakan menjadi tali pengikat yang kuat bagi kami. Itu menjadi pondasi modal sosial kami dalam melakukan pembangunan di Provinsi Banten,” tambahnya.

Masih menurut Al Muktabar, Surjadi Soedirdja selain dianggap sebagai sesepuh masyarakat Banten. Ia juga merupakan tokoh pejuang dalam pembentukan Provinsi Banten. Saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia periode 1999 s.d 2001, Provinsi Banten berdiri pada tahun 2020.

“Kita menyaksikan dulu bagaimana di tangan beliau, Banten dipandu benar-benar sampai menjadi sebuah Provinsi. Saya saksi sejarahnya,” ujarnya.

Al Muktabar sendiri yang kala itu dikenal sebagai ‘Juru Tulis’ Surjadi baik sewaktu menjabat di Kemendagri maupun di tempat tugas lainnya mempunyai kedekatan khusus.

Al Muktabar mengaku banyak belajar keteladanan dari sosok Surjadi, baik pada saat bertugas maupun aktivitas sehari-hari.

“Termasuk belajar banyak hal-hal teknis dalam pemerintahan,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Umum PUB, Irjen Pol (Purn) Taufiequrachman Ruki menambahkan, Provinsi Banten ini tidak terlepas dari para pahlawan yang telah memperjuangkan, baik mereka yang berjuang dalam fase Kesultanan, Kemerdekaan Indonesia maupun pada fase berdirinya Provinsi Banten.

“Dari perjuangan Sultan Maulana Hasanuddin, yang kemudian berlanjut ke perjuangan Syafruddin Prawiranegara lalu Surjadi Soedirdja,” katanya.

Mantan Ketua KPK ini melanjutkan, Banten diawali dari sebuah masa kejayaan, kemudian dihancurkan dan saat ini kembali berjaya dalam sebuah daerah otonom Provinsi Banten. “Saat ini kita harus bangkit lagi,” imbuhnya.

Ziarah ini, lanjut Taufiequrachman, dilakukan kepada seluruh pahlawan dan tokoh-tokoh Banten yang berada di seluruh daerah di Provinsi Banten termasuk yang berada di Jakarta.

“Kita ingin semangat mereka itu bisa ditiru oleh para generasi muda Banten dan jangan sekali-kali melupakan sejarah,” pungkasnya.(ril/jay)

Penulis

Pos terkait