Tingkatkan Konsumsi Ikan, Dinas Perikanan Gelar Lomba Inovasi Menu Olahan Ikan

Tingkatkan Konsumsi Ikan, Dinas Perikanan Gelar Lomba Inovasi Menu Olahan Ikan

TANGERANG (intangerang.com) – Puluhan peserta Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Tangerang mengikuti kegiatan Lomba Inovasi Menu Berbahan Baku Ikan yang diadakan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, di Gedung Serba Guna (GSG) Pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang, Kamis (12/10/23).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Jainudin, mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan kegemaran masyarakat untuk mengonsumsi ikan dengan memperkenalkan inovasi menu-menu olahan makanan yang berbahan dasar ikan.

“Kegiatan ini merupakan stimulan bagi masyarakat untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mereka, terutama dalam menghasilkan produk olahan berbahan dasar ikan. Sehingga, diharapkan masyarakat menjadi gemar untuk mengonsumi ikan nantinya dengan berbagai olahan yang inovatif,” katanya.

Jainudin menuturkan perlombaan tersebut diikuti oleh 29 tim dengan 60 orang peserta yang merupakan Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Tangerang. Terdapat dua kategori yang dilombakan, yakni Kategori Menu Keluarga dan juga Menu Kudapan.

“Untuk olahannya sendiri, terdapat berbagai jenis inovasi olahan menu dengan bahan dasar ikan, seperti sate bandeng, spaghetti dengan bahan dasar ikan, otak-otak ikan, baso ikan, nugget serta kerupuk ikan,” pungkasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan ikan (Gemarikan) dalam rangka percegahan dan penurunan angka stunting di Kabupaten Tangerang.

Diketahui, kegiatan yang bertajuk “Ragam Menu Masakan Ikan untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak Menuju Kabupaten Tangerang Gemilang” tersebut turut menjadi rangkaian HUT ke-391 Kabupaten Tangerang.

Pj Bupati Tangerang, Andi Ony P mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menuturkan dengan besarnya potensi perikanan yang dimiliki Kabupaten Tangerang, maka hal tersebut perlu dibudayakan dan juga diberdayakan.

“Ikan itu memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Tetapi angka konsumsi di Kabupaten Tangerang baru mencapai 40 persen. Dengan potensi yang cukup besar, sudah seharusnya angka konsumsi ikan di Kabupaten Tangerang dapat meningkat,” tuturnya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat melahirkan menu-menu atau inovasi baru terkait dengan olahan makanan dengan bahan dasar ikan, sehingga nantinya juga dapat meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat. (Mel/Red)

Pos terkait