Pelaku UMKM Diberi Edukasi Digital Marketing untuk Menembus Pasar Nasional dan Global

Pelaku UMKM Diberi Edukasi Digital Marketing untuk Menembus Pasar Nasional dan Global

TANGERANG (intangerang.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memberikan edukasi pemasaran digital marketing bagi pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ke depan, produk yang dihasilkan diharapkan bisa menembus pasar nasional dan global.

“Seperti materi yang disampaikan, bahwa tantangan ke depan bukan hanya produk dalam negeri. Tetapi nanti prodak luar negeri menjadi tantangan yang besar, belum nanti ada persaingan harga. Makanya, edukasi digital marketing sangat penting,” kata Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Iskandar Nordat usai menghadiri Sarasehan UMKM dan IKM di Tangerang, Selasa (21/11/2023).

Edukasi digital marketing yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Tangerang ini bertujuan agar pelaku UMKM dan IKM lokal bisa membawa produk mereka naik kelas. Dengan begitu, mereka bisa bersaing dengan pasar global di era digitalisasi saat ini.

“Kami di bidang ekonomi telah memilah mana UMKM dan mana IKM. Dan dua-duanya harus kami berikan edukasi pembinaan ini, sebagai upaya membangun ekonomi yang lebih baik lagi,” katanya.

Dia mengatakan, persaingan usaha sangat tinggi di tengah pesatnya kemajuan teknologi saat ini. Karena itu, perlu strategi untuk menjangkau pembeli dari semua kalangan dan wilayah.

Menurut dia, peran pemerintah daerah sangat diperlukan dalam memberikan pelatihan dan wawasan terkait penggunaan digital sebagai media pemasaran produk usaha yang dimiliki oleh para pelaku UMKM.

“Salah satunya upaya kita melakukan komunikasi ke semua arah, jadi konsep pentahelix bisa berjalan, artinya keterlibatan pemerintah ada, kemudian pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Kabupaten Tangerang dan menjadi penggerak ekonomi hingga tingkat wilayah terdalam.

“Tentunya kehadiran pelaku UMKM ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, mereka memiliki antusias yang besar. Termasuk mereka bisa berkontribusi dalam menekan inflasi daerah,” kata dia. (Mel/Red)

Penulis

Pos terkait