Sekda Luncurkan Aplikasi TransDigi ASN Gemilang dan Simata

Sekda Luncurkan Aplikasi TransDigi ASN Gemilang dan Simata

TANGERANG (intangerang.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid meluncurkan aplikasi Transformasi Digital Aparatur Sipil Negara (TransDigi ASN) Gemilang dan dan Sistem Management Talenta (Simata) di Gedung Serba Guna (GSG), Tigaraksa, Selasa (21/11/23).

Aplikasi TransDigi ASN Gemilang adalah sistem informasi yang mengintegrasikan aplikasi layanan kepegawaian dalam satu portal kepegawaian dengan memanfaatkan one big data ASN nasional berarsitek teknologi, informasi, komunikasi berbasis sisi merit. Inovasi ini adalah hasil kolaborasi antara BKPSDM dengan Diskominfo Kabupaten Tangerang.

Adapun Sistem Management Talenta atau Simata adalah amanat pelaksanaan sistim merit. Untuk pencapaian tertinggi dalam pelaksanaan sistim merit sudah tercapai dalam penilaian 2023 dengan predikat sangat baik. Dengan aplikasi Simata, proses penyeleksian talenta dan penyeleksian ASN Kabupaten Tangerang dilakukan melalui aplikasi dengan dua indikator yakni kompetensi dan kinerja.

Sekda mengatakan, ASN dituntut bekerja cerdas, ikhlas, dan tuntas di era digitalisasi ini. TransDigi merupakan inovasi BKPSDM yang memudahkan ASN melakukan aktivitas dan mencapai prestasi. “Saya berharap digitalisasi terus meningkatkan inovasi dan disiplin pegawai di Pemkab Tangerang. Jangan sampai sistem yang bagus membuat malas ASN, terlebih melaksanakan apel pagi,” ungkap Sekda Maesyal Rasyid.

Sementara itu, Kepala BKPSM Kabupaten Tangerang, Hendar Herawan, mengatakan, Pemkab Tangerang melalui BKPSDM sudah meluncurkan dua inovasi teknologi yang sangat penting bagi ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Nantinya setiap ASN akan ditempatkan ke dalam 9 kotak yang masing-masing kotak tentunya ada rekomendasi yang bisa diberikan kepada ASN yang bersangkutan. Ke depannya Insya Allah kalau perangkat yang lain sudah siap, pengisian JPTP tidak lagi memerlukan sistem open bidding. Kita menggunakan aplikasi sistem merit yang tadi termasuk pengisian untuk jabatan-jabatan eselon 3, eselon 4, kita akan ambil data dari hasil Simata tadi. Jadi ini sangat sangat logis untuk memilih ASN-ASN terbaik dalam rangka menduduki jabatan-jabatan promosi di setiap perangkat daerah,” ucapnya. (Mel/Red)

Pos terkait