Pemkab Tangerang Pecahkan Rekor Dunia Baca Tulis Quran Serentak Pelajar Terbanyak

Photo: istimewa

intangerang.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pendidikan memecahkan rekor dunia dalam acara pembacaan Al Quran Juzz 30 serentak yang menargetkan 10.000 pelajar se-Kabupaten Tangerang. Dalam acara yang berlangsung lembaga Record Holders Republic (RHR) mencatatkan jumlah peserta yang mengikuti pembacaan Al Quran juzz 30 secara serentak itu melebihi target yakni berjumlah 14.673 pelajar.

Tim RHR Indonesia, Budi Rustandi menyampaikan dalam pemecahan rekor dunia RHR ini memiliki nilai yang luar biasa sebagai sebuah pencapaian skala besar untuk memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa. Lantaran program baca tulis Al Quran menjadi muatan lokal baru untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang.

Hal tersebu sejalan dengan visi misi Bupati Tangerang yaitu meningkatkan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam bermasyarakat yang religius. “Semoga Indonesia, khususnya para siswa bisa lebih berprestasi lagi di Rekor Dunia,” ujarnya.

Ia juga menyerahkan piagam pemecahan rekor tersebut kepada Kreator Dadan Gandana menjabat Kepala Dinas Pendidikan. Kemudian, Supporting yakni Pj Bupati Tangerang Andi Oni dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan pemecahan rekor dunia ini telah melebihi target yang telah ditentukan. Pada target pelibatan peserta dari SD, MI, Mts dan SMP dari Negeri maupun swasta sebanyak 10.000 ribu pelajar. Namun acara gebyar baca tulis Al Quran tersebut melebihi target sebanyak 14.673 pelajar.

“Hal ini membuktikan bahwa gebyar (baca tulis Al Quran) menjadi budaya, kebiasaan yang harus kita jalani umat Islam dalam rangka pembacaan Al Quran juz 30 atau mungkin ayat suci lainnya, insya Allah dimulai kegiatan gebyar ini trus kita Kumandangkan di sekolah-sekolah,” ujar Rudi sapaan akrabnya di Masjid Al Amjad, Kabupaten Tangerang, Kamis (16/11/2023).

“Ini menandakan juga upaya pemerintah daerah dan masyarakat menjabarkan program unggulan kita, visi-misi kita masyarakat Kabupaten Tangerang religius,” sambungnya.

Ia berharap dengan dimulainya kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya. Sehingga peserta pun akan terus bertambah.

“Mudah-mudahan kita terus melaksanakan budaya membaca Alquran keseharian masyarakat kita. Dan, Insya Allah secara formal akan dilaksanakan setiap tahun untuk terus meningkatkan jumlah pesertanya,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana menambahkan, pembacaan Alquran juzz 30 secara serentak. Baik di Pusat Pemerintahan yang dipusatkan di Masjid Al Amjad, manapun yang digelar di seluruh Kecamatan — di Kabupaten Tangerang. Pihaknya menargetkan 10.000 ribu pelajar yang mengikuti gebyar baca tulis Al Quran.

“Alhamdullilah berdasarkan hasil pencatatan RHR tercatat bahwa jumlah peserta yang mengikuti 14.673 siswa. Alhmdullilah ini pencapaian yang luar biasa bagi kita karena ini baru yang pertama kali,” katanya.

“Mudah-mudahan tahun berikutnya kita akan menggerakkan lebih masif lagi, sebagaimana capaian visi misi kita masyarakat Kabupaten Tangerang Religius,” tandasnya. (rill)

Pos terkait

banner 468x60