Sertijab Kepala SDN Rawaboni 1, Kepsek Harus Jadi Figur

SERAH TERIMA JABTAN: Hj. Yeni Kusmiati, S.Pd (kanan) menyerahkan berkas pada serah terima jabatan SDN Rawaboni 1, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang kepada Jajan Sukarjan, S.Pd sebagai Plt. SDN Rawaboni 1, belum lama ini.

PAKUHAJI Intangerang.com –– Serah terima jabatan (Sertijab) SDN Rawaboni 1, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang berlangsung hikmat.

Hj. Yeni Kusmiati, S.Pd, yang sebelumnya menjadi Kepala SDN Rawaboni 1, diganti Jajan Sukarjan, S.Pd sebagai Plt. SDN Rawaboni 1. Dimana Jajan Sukarjan merupakan depinitif sebagai Kepala SDN Rawaboni 3, yang merupakan satu komplek dengan SDN Rawaboni 1. Sedangkan Hj. Yeni Kusmiati, S.Pd. kini menjabat di SDN Rawaboni 2.

Bacaan Lainnya

Sertijab ditandai dengan penandatanganan berita acara, serah terima jabatan kepala sekolah lama kepada pejabat baru.

Dalam sambutannya, Pengawas SD Kecamatan Pakuhaji, Hj. Ai Kurniasih., M.Pd menyampaikan, sertijab merupakan tindaklanjut dari pelantikan dan mutasi sejumlah kepala sekolah. Lebih lanjut disampaikan, mutasi jabatan merupakan salah satu solusi dalam pemerataan sekolah yang bekualitas, agar semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk menyukseskan pendidikan nasional.

Karena jabatan juga merupakan amanah, dia meminta agar kepala sekolah yang baru maupun yang lama dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, profesional, inovatif dengan menjunjung kebersamaan.

Selain sebagai seorang leader kepala sekolah juga sebagai figur ketauladanan di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat, sehingga harus bisa menjaga sikap, ucap, dan perilaku yang baik serta tidak tercela.

“Kepala sekolah harus bisa beradaptasi dengan lingkungan dan mengubah mindset meningkat dari sebelumnya bisa menjadi figur, teladan baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat,” kata Hj. Ai.

Sementara itu, Jajan Sukarjan, S.Pd, menandaskan jabatan merupakan penghargaan yang didapat dari penilain prestasi maupun dedikasi serta kemampuan. Sehingga dituntut mampu berinovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya.

“Kepala sekolah harus memiliki dedikasi kerja dalam mengelola dan memajukan sekolah. Insya Allah hal tersebut akan saya lakukan,” ujarnya.

Kata Sukarjan, S.Pd, tugas terberat dari seorang kepala sekolah adalah mengoptimalkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) guru-guru di sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“insya Allah amanah yang diberikan kepada saya akan dilaksanakan sebaik mungkin. Hanya saja saya juga butuh bantuan seluruh guru-guru,” tegas Sukarjan, S.Pd. (mas)

Pos terkait